PENGARUH SELF LEADERSHIP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TIMOR

Sole, Yustinus Kofi (2024) PENGARUH SELF LEADERSHIP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS TIMOR. Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V + LAMPIRAN)
BAB V.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa pengaruh Self Leadership terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Timor. Penelitian dilakukan pada sampel yang terdiri dari 72 mahasiswa pada program studi Pendidikan Biologi Universitas Timor. Pengumpulan data menggunakan angket kepemimpinan diri (Self Leadership) dan motivasi belajar mahasiswa bersamaan dengan pelaksanaan pengujian alat ukur menggunakan skala kepemimpinan diri dan motifasi belajar dengan masing-masing indikator. Analisa data penelitian dengan uji F (uji secara simulatan) anova dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas data. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Self Leadership secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Timor, menggunakan uji koefisien determinasi dengan R Square sebanyak 0,187 dimana pengaruh variabel X (Self Leadership) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar) sebesar 18,7%. Untuk nilai signifikan Self Leadership terhadap motivasi belajar menggunakan uji F (uji secara simulatan) anova degan nilai signifikasi 0,000 dimana taraf nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh antara Self Leadership terhadap Motivasi Belajar karena telah teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Leadership, Motivasi Belaja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:30
Last Modified: 07 Nov 2024 02:30
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item