Owa, Florida (2024) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL BOY DI DESA TIMBAZIA. Undergraduate thesis, Universitas Timor.
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB l.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB ll.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB lll.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB lV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (828kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep-konsep matematika yang terdapat dalam permainan tradisional Boy, serta nilai-nilai budaya dan manfaat yang terkandung di dalamnya di desa Timbazia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi pada narasumber yang sama. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada rancangan Spradley, yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur-unsur matematika dalam permainan Boy, seperti konsepkonsep yang ditemukan meliputi bangun datar seperti lingkaran, persegi panjang, persegi, dan beberapa poligon tak beraturan seperti segitiga tak beraturan, trapesium berauran, serta bentuk lune atau bulan sabit tak beraturan. Selain itu, juga ditemukan bangun ruang seperti bola; serta elemen-elemen matematika lainnya seperti garis, simetri, peluang, kombinasi, perhitungan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian), logika matematika, dan teorema Pythagoras. Selain konsep matematika yang ditemukan pada permainan tradisional Boy di Desa Timbazia ada juga nilai-nilai budaya dan manfaat dari permainan tradisional Boy. Permainan Boy juga mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal, seperti solidaritas, kedisiplinan, komunikasi efektif, penerimaan terhadap kegagalan dan kemenangan, keterampilan sosial, penghargaan terhadap warisan budaya, dan cinta tanah air. Adapun manfaat yang didapat para pemain yakni pengembangan keterampilan motorik, pembelajaran kolaboratif, peningkatan keterampilan sosial, pembelajaran nilai-nilai budaya, pengembangan keterampilan berpikir strategis, peningkatan konsentrasi dan fokus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, permainan tradisional Boy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Palmerya Alma Sau |
Date Deposited: | 19 Sep 2024 03:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2024 03:05 |
URI: | http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |