SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun)

Nahak, Efren Primus (2024) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN RAWAT INAP MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun). Undergraduate thesis, Universitas Timor.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (237kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (401kB)

Abstract

Pelayanan medis dapat dikatakan bermutu apabila memberikan kepuasan terhadap pasien yang dirawatnya. Kepuasan pasien tidak hanya tercermin dari ketersediaan sarana dan prasarana medis, namun juga dari cara tenaga perawat dalam merawat pasien. Metode Servqual pertama kali diperkenalkan, diuji secara empiris, dan dikembangkan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry dalam Lissa (2016) sebagai alat untuk mengukur opini pelanggan mengenai kualitas. Metode ini memiliki lima aspek untuk mengukur kepuasan: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, keamanan, dan empati. Saat ini survei kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan pengobatan rawat inap di RSUD Betun masih dilakukan secara manual, pasien harus mengisi formulir evaluasi kertas dan diserahkan, kemudian pimpinan rumah sakit akan menghitung skor survei secara manual. Tentu saja membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan hasil survei dan juga sulit bagi rumah sakit untuk menentukan secara detail tingkat kepuasan pasien. Berdasarkan pengujian menggunakan Black Box Testing, sistem berfungsi normal. Sistem ini dapat membantu RS Penyangga Perbatasan Betun dalam meningkatkan mutu pelayanan rawat inap secara cepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan, Sistem pendukung keputusan.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Pertanian Sains Dan Kesehatan > Teknologi Informasi dan Komunikasi
Depositing User: Palmerya Alma Sau
Date Deposited: 21 Aug 2024 00:34
Last Modified: 21 Aug 2024 00:34
URI: http://repository.unimor.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item